Mentari Senja Di Wediombo

DSC_0096Sebenarnya sudah lama ingin mengunjungi dan membuat tulisan tentang keindahan pantai ini, dan akhirnya baru kesampaian setelah beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke lokasi Bakti Sosial anak-anak Pramuka Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Wediombo. Dari lokasi Bakti sosial di pedukuhan Sambi Lor  kecamatan Rongkop, kami memulai melakukan perjalanan ke pantai Wedi Ombo tepat pukul 15.30. dan ternyata hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk sampai ditujuan.

DSC_0013Pantai Wediombo ini memiliki kontur tanah yang lebih rendah dibandingkan daratan di sekitarnya. Beberapa puluh anak tangga menjadi akses awal kita untuk menikmati keindahan Wediombo. Sembari menapaki jalan turun kita bisa melihat hamparan ladang pertanian dan rumah penduduk yang berada di sekita pantai tidak ketinggalan pula vegetasi mangrove yang masih tersisa. Pantai ini  termasuk dalam gugusan pantai ujung Timur yang berbatasan dengan kawasan pantai di Kab. Wonogiri. Dikenal dengan nama Wediombo bukan tanpa sebuah alasan. Dalam Bahasa Jawa, kata wedi bermakna pasir, dan ombo bermakna luas, jadi nama Wediombo memiliki makna pasir yang luas. Hal ini memang sesuai dengan kondisi yang ada di Wediombo yang mempunyai pantai berpasir putih dengan areal yang cukup luas, dan memanjang di bibir pantai.

DSC_0107Panti wediombo adalah bagian dari teluk yang menghadap ke arah barat sehingga kita dapat melihat matahari tenggelam (sunset) yang indah, dan panorama senja saat moment sunset tiba adalah salah yang menjadi incaranku untuk datang kemari. Tak berapa lama kemudian apa yang aku nantikan mulai terlihat dengan langit mulai merona kemerahan diujung sebelah barat. Langit senja mulai mewarnai seluruh kawasn pantai, pantulan sinar matahari yang berwarna merah keemasan terlihat sangat jelas diatas hamparan air laut yang sangat bersih. Deburan ombak yang menghantam karang di pesisir pantai membuat percikan airnya terlihat seperti buih-buih kapas yang sangat mempesona, takan menyesal bagi anda yang ingin menikmati keindahan senja di bibir pantai.

DSC_0020Selain mempunyai pantai dengan hamparan pasir putih yang luas, Wediombo juga mempunyai gugusan karang yang berbentuk unik-unik. Batu karang yang menjorok ke laut itu biasanya digunakan oleh para pemancing untuk mencari ikan. Sedangkan di bagian kanan dan kiri pantai adasebuah perbukitan yang berwarna hijau nan subur. Untuk Anda suka dengan kegiatan hiking, Pantai Wediombo ini bisa menjadi pilihan untuk melakukan hal tersebut

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah IstimewaYogyakarta, sekitar 40 Km arah Tenggara kota Wonosari. Koordinat lokasi – GPS: S8°11’4″ E110°42’28”. Kegiatan adat budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap tahun adalah budaya “Ngalangi” yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok dan dihalau bersama-sama ke laut. Ke arah timur sekitar 1,5 km terdapat Pantai Gremeng, Pantai Jungwok, dan Pulau Kalong.

foto dan penulis: christ

http://zocko.it/LGw1q

This entry was posted in ADVENTURE, BEACH and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s