Menggugah Adrenalin Di Sungai ELO

DSC_5638Minggu 7 september 2014 perjalanan lainya pun dimulai. Kali ini tujuannya adalah Sungai Elo di Magelang, disana kami mau mencoba untuk menguji sampai sejauh mana adrenalin dalam jiwa ini akan terbangkitkan ketika refting dan merasakan jerem-jeram yang deras di sungai Elo.

jam 8.00 perjalanan dari jogja pun dimulai. Menggunakan bus sewa kami serombongan mulai berangkat.  Bus melaju dengan kecepatan sedang karena memang bisanya jalur kesana pada hari minggu lumayan padat dengan bus-bus pariwisata yang menuju ke candi Borobudur. sekitar satu setengah jam kemudian bus pun mulai melewati kompleks candi mendut, maju sekitar 100 meter kemudian sampai kejembatan bus pun berbelok kearah kiri mengambil jalur menuju kearah Watu Congol.  300 meter dari jembatan bus berbelok ke kanan memasuki area base camp Citra Elo, agen rafting yang sudah kami pesan jauh jauh hari. dari jalan raya menuju ke bascemp sekitar 400m dengan jalan tanah yang lumayan berliku, sampai disana kami pun langsung berganti pakaiandan siap untuk menuju tempat pemberangkatan rafting di sebelah utara jalan bypass jogja-magelang

sampai dilokasi pemberangkatan kami mendapatkan instruksi sebentar tentang tata cara arung jeram oleh pemandu kami. trek arung jeram sungai elo kurang lebih sekitar 12-13 km dengan waktu tempuh 2-3 jam. setelah selasai instruksi dan pemanasan sebentar, kamipun mulai masukke boat masing masing. ketika sudah berada di boat, mulai terasa adrenalin kami tertantang dengan aroma sungai beserta jeram-jeram derasnya.

DSC_5643Rafting pun dimulai, disini kami ditantang untuk selalu bisa bekerjasama untuk mengendalikan boat kami untuk menghindari bebatuan di sepanjang aliran sungai dan mengarahkan perahu menuju jeram jeram yang deras. sepanjang trek memang adreanilin kami selalu tertantang untuk bertarung mengalahkan jeram dan arus sungai yang deras, disalah satu jeram yang paling deras dan dalam boat kamipun tak bisa bertahan dengan seimbang hingga akhirnya terbalik dan semua penumpang tercebur kedalam aliran sungai elo. seloah kami bertarung dengan kematian ketika berusahamenyelamatkan diri untuk tidak terseret arus sungai. nafas pun tersenggal – senggal, sesekali air sungai masuk kehidung dan mulutku membuat perasaan semakain mencekam antara takut dan semangat untuk bisa menyelelatkan diri dan berusaha untuk bisa mencapai boat kami lagi yang oleh pemandunya ternyata sudah bisa dikembalikan keposisi normal dan mulai melakukan penyelamatan para penumpang boat yang lainya. dengan sekuat tenaga dan kemampuan berenang yang sudah biasa aku latih dikampung halaman dulu, akhirnya akupun bisa mencapai boat tanpa bantuan dari pemandu.  Sebuah pengalaman menegangkan yang aku alami sungguh meninggalkan kesan yang mendalam, meskipun sudah entah untuk keberapa kali aku mengalami tantangan yang memacu adrenalin seperti ini dalam setiap perjalanan petualanganku.

DSC_5641saat seluruh penumpang sudah berada diboat, maka trekking sungi elo pun dilanjutknan lagi. kali ini tidak ada lagi jeram-jeram yang tidak bisa kami lewati. berbekal pengalaman sebelumnya ketika boat kami terbalik, maka kami pun semakin kompak dalam mengendalikan boat dan menikmati derasnya sungai elo tanpa kendala yang berarti sampai akhirnya perahu kami tiba yang pertama di basecamp emberhentian refting citra elo.

sungguh merupakan pengalaman baru yang telah kami coba dalam memacu adrenalin dan jiwa petualangan kami. Bagi para petualang yang berkunjung ke Magelang jangan sampai kelewatan untuk mencoba wisata petualangn arung jeram ini. Biaya untuk sewa perahu adalah Rp.600 ribu/perahu untuk 6 penumpang dengan pemandunya. Biasanya agen rafting mematok harga kisaran 120-150 rb/orang untuk biaya rafting sudah termasuk snack dan makan satu kali.

This entry was posted in ADVENTURE and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s