KAWAH IJEN

kawah ijen2aKawah Ijen berada di cagar alam Ijen terletak antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Kawah ini terletak tepat di bagian atas  dari Gunung Ijen, salah satu dari serangkaian gunung api di Jawa Timur termasuk gunung Raung,Bromo,Semeru. Dengan ketinggian 2.799m, suhu dingin di kawah biasanya sekitar 10 derajat celcius, bahkan kadang-kadang bisa turun lagi mencapai 2 derajat celcius.

6aSuhu udara yang dingin dikombinasikan dengan panas yang keluar dari dalam kawah gunung berapi membuat sebuah sensasi dan pengalman menarik untuk mengunjungi Kawah Ijen. Berbagai tanaman langka yang biasanya hanya ada di dataran tinggi juga bisa kita temukan disini seperti bunga edelweis dan pohon pinus. Keindahan danau kawah yang hangat dengan air berwarna biru kehijauan memang sangat  memanjakan mata kita, tetapi jangan lupa air danau kawah ini bersifat korosif dan sangat berbahaya.  Kawah Ijen mempunyai luas 960m x 600m dengan kedalaman mencapai 200m dan berisi air yang bersifat sangat asam hingga dapat melarutkan pakaian dan daging manusia.

7aBagi anda yang ingin mengunjungi Kawah Ijen, waktu terbaik untuk memulai pendakian adalah sekitar jam 3.00 tau jam 4.00 pagi sehinga anda akan sampai dipuncak tepat waktu untuk dapat menyaksikan keindahan panorama matahari terbit/sunrise yang mulai menyembul dari balik puncak gunung. Dari Paltuding yakni pos terakhir, Jalur pendakian yang harus ditempuh kurang lebih berjarak 3 km dengan melalui hutan cemara dengang jalan yang lumayan lebar. Tapi jangan salah itu baru jalur awal pendakian yang kemudian anda akan melewati jalur mendaki yang agak sempit dan curam. Setelah 2 km berjalan anda akan mencapai sebuah pos yang biasa dijadikan tempat beristirahat bagi para penambang belerang tradisional, disini biasanya meraka berisitirahat setelah membawa beban berat berupa hasil tambang belerang.

 Dari sini jalan sudah mulai mendatar sampai ketepi kawah. Di pinggir jalan mendatar ini anda akan disuguhi dangan pemandangan yang menawan dari kaledera kawah Ijen. Dari tepi bibir kawah anda harus mendaki sejauh 300m lagi melalui jalan yang lumayan curam dan sempit untuk bisa mendapatkan foto terbaik.

5aSebagai alternatif anda bisa mendaki lebih keatas lagi ke arah selatan dengan mengikuti jalur yang sudah ada, maka anda akan mendapatkan panorama dari danau yang sangat menakjubkan dan luar biasa. Pemandangan di puncak Ijen sungguh fantastic, danau kawah yang berwarna hijau kebiruan, garis orange sunrise, asap belerang dan api biru, serta posisi “di atas awan” yang cantik. pagi hari kita akan melihat pemandangan kawah berwarna hijau tosca yang begitu indah dengan latar belakang gunung raung disebelah barat, pada pagi hari puncak gunung raung akan terlihat kuning bagai emas tertimpa sinar matahari pagi, perjalanan turun dari Puncak juga disuguhi jalan setapak yang indah, seakan akan kita berjalan diatas awan Anda harus siap dengan terpaan angin dingin, terlebih jika mendaki di bulan Juli – Agustus. Tapi ketika cuaca cerah, langit bersih, Anda bisa melihat taburan bintang yang luar biasa indah.

AKSES

Dari Bondowoso atau Banyuwangi ke pos akhir Paltuding bisa ditempuh tiga jam dengan menyewa mobil jip adventure karena melalui jalan yang lumayan   rusak. Apabila dengan cara backpacker ke Gunung Ijen dari Terminal Bondowoso ada angkutan desa ke Kecamatan Sempol  dengan ongkos Rp 15.000. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan ojek ke pos Paltuding dengan biaya sekitar Rp 40.000. Sedangkan dari Banyuwangi Anda harus naik angkutan desa  dengan ongkos Rp 10.000 ke Kecamatan Licin dulu kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang truk pengangkut belerang  ke pos Paltuding hanya dengan ongkos Rp 5.000 per orang

WARNING……!!!!!!!

Jangan buang sampah sembarangan

Lestarikan alam untuk anak cucu

SAVE OUR EARTH

This entry was posted in ADVENTURE, HIGHLANDS, LAKE and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s