Pantai Santolo “Sejanak Melepas penat”

Pamengpeuk_Beach,_Garut1Buat para traveler dan backpacker cobalah untuk melancong dan singgah ke wilayah Garut, selain sebagai sebuah kota yang terkenal dengan “dodol” nya ternyata Garut juga memiliki sebuah tempat wista pantai yang sangat mempesona dengan pasir putih dan airnya yang berwara biru kehijauan yakni Pantai  Santolo. Nama pantai Santolo mungkin masih agak asing didengar para pelancong yang biasa menikmati keindahan pantai. Namun, pantai Santolo ini bisa disebut salah satu kawasan wisata favorit di daerah Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Pantai Santolo terlihat begitu asri dan indah. Birunya air laut, cerahnya langit, benar-benar membuat kita betah untuk menikmati pemandangan, sehingga tidak peduli teriknya sinar matahari, bermain di pantai bisa menjadi penawar rasa lelah.

Pantai Santolo, berada di Kecamatan Cikelet berjarak 88 km sebelah selatan Kota Garut, Jawa Barat,. Butuh waktu sekitar 3,5 jam untuk berkendara dari Garut ke pantai ini. Tapi, jangan khawatir perjalanan Anda tak akan membosankan. Mulai dari Garut kota hingga tiba di Pantai Santolo Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari hamparan sawah, kebun teh, sampai hutan lebat akan menemani perjalanan Anda.

santolo-beach-021Rasa lelah selama perjalanan akan hilang seketika, setelah melihat keindahan Pantai Santolo. Pantai yang luas, bersih, dan tak begitu ramai pengunjung terasa sangat nyaman. Jika Anda ingin menikmati panorama dengan suasana yang lebih tenang lagi, tinggal berjalan ke arah timur menyusuri garis pantainya yang panjang mencari tempat yang sepi hingga tak ada orang sama sekali kecuali Anda. Nikmatilah sensasi di mana hanya ada diri sendiri, samudera biru, ombak, pasir putih, dan pantai.

ps3Di pantai ini terdapat muara Cilauteureun. Fenomena yang terjadi di muara Sungai Cilauteureun ini lah yang menarik. Disebut Cilauteureun karena di muara ini air laut begitu tenang seolah berhenti mengalir. Dalam bahasa sunda Cilauteureun berarti air laut yang tak mengalir. Di muara ini terdapat curugan dimana air laut yang mengalir masuk ke dalam muara sungai bukan sebaliknya. Dan, konon fenomena ini hanya ada dua di dunia. Selain Indonesia, Perancis juga memiliki fenomena ini.

Pemandangan-langit-emas-di-pantai-santoloBergerak ke arah Selatan, kita dapat menyeberangi pulau yang biasa disebut dengan Pulau Santolo. Cukup membayar Rp2.000,- untuk menyeberanginya dengan menggunakan kapal nelayan. Di Pulau Santolo ini memang agak berbeda keadaan pantainya, meskipun tetap berpasir putih dan masih jernih airnya tetapi penuh dengan batuan karang. Jangan takut, masih tetap indah kok, sebab di sini spot paling cocok untuk kemping bagi yang memiliki jiwa petualang. Untuk yang tidak suka kemping, di sekitar Pantai Santolo banyak losmen dan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau (berkisar antara Rp100.000,- sampai Rp200.000,- per malam).

Pantai Santolo jauh lebih ramai daripada Rancabuaya, karena selain sebagai lokasi wisata, di pantai ini juga menjadi dermaga bagi nelayan tradisional. Ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setiap pagi dilelang di sini. Karena menjadi pelabuhan nelayan, maka di Santolo menjamur tempat makan seafood dengan harga murah meriah. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di sepanjang Pantai Santolo.

Jembatan Tua di Pulau Santolo1Menyusuri pantai ke arah penyeberangan, terdapat sebuah jembatan yang lumayan bagus dan terkesan angkuh menantang deburan ombak, di sela-sela tiang yang menyangga jembatan, air laut mengalir dengan derasnya. Melewati jembatan ini, terdapat gundukan karang yang sangat besar, mirip dengan tanah lot.

Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Nah silahkan untuk anda para pelancong untuk mencoba menikamti keindahan dan pesoan pantai yang berbeda dari yang lainnya……….

 WARNING !!!!!!

Jangan buang sampah sembarangan, Lestarikan alam untuk anak cucu

SAVE OUR EARTH

This entry was posted in BEACH and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s