Keindahan Tanjung Gelam Karimunjawa

SONY DSCWaktu itu saya diajak main ke Jepara sama seorang teman kuliah di Jogja, nah ternyata dia punya biro wisata ke Karimun Jawa. Kebetulan waktu itu biro wisatanya lagi buka trip tiga hari ke karimun jawa, jadi kita numpang ikut mumpung gratis……Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan dengan 27 pulau dan hanya 5 pulau berpenghuni dan menjadi taman nasional yang masih sangat alami. Karimunjawa pun menjadi destinasi favorit karena banyak pulau-pulau atau tempat-tempat cantik.Banyak destinasi di Karimun jawa yang dikunjungi saat trip ini mulai bergerak di sana, lumayan lah buat kita untuk menghabiskan masa kunjungan gratis ke karimun jawa salah satunya adalah Tanjung  Gelam. Disini kita bisa berenagn sepuasnya dengan air yang  laut yang biru dan jernih, bermain pasir putih hingga bersantai menunggu matahari tenggelam/sunset.

Tanjung_Gelam_-_KarimunjawaTanjung Gelam merupakan Tanjung atau daratan menjorok ke laut, tanjung ini sebetulnya menjadi satu dengan pulau karimunjawa tapi kelihatan seperti pulau tersendiri, Tanjung indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan, berpadu dengan pohon kelapa yang melambai. Pulau Tanjung Gelam adalah salah satu gugusan pulau Karimunjawa yang menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.Hal unik adalah adanya daratan pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke laut, sehingga memanjakan kita untuk bermain – main dan menikmati alam Pulau ini. Tanjung Gelam lokasinya di ujung barat karimunjawa, tanjung gelam juga di nobatkan sebagai lokasi yang paling stetegis untuk menikmati sunset disana. Menurut informasi dari temen saya pemilik biro wisata ini,asal  muasal nama tanjung gelam adalah karena posisinya di ujung karimunjaawa dan tempat itu sangat cocok untuk menikmati matahari tenggelam, maka muncullah nama tanjung gelam, tanjung gelam juga di pilih oleh masyaraka lokal karimunjawa untuk merayakan upacara adat rutin yaitu hari raya lomban ( seminggu setelah hariraya idul fitri ) semua masyarakat berduyun duyun pergi ke tanjunggelam untuk menikmati pantai yang begitu elok maupun sekedar bersantai dan berkumpul dengan kluarga..

Dari kejauhan, pasir putih di Pantai Tanjung Gelam terlihat dengan jelas. Rasanya Anda tak akan sabar untuk menginjakan kaki di sana. Tak hanya itu, terumbu-terumbu karang juga terlihat jelas dari atas kapal. Sungguh cantik! Pasir pantainya pun cukup halus dan bersih. Selain itu, pasir putihnya menjorok ke laut sehingga Anda dapat puas bermain di sana. Di sekitar pantainya juga terdapat pohon-pohon kelapa yang berderet rapi. Wah, sungguh menyenangkan saat Anda bersantai di pinggiran pantai di kelilingi dengan pemandangan yang cantik. Bagi Anda pengagum dunia bawah laut, bersiap-siaplah terkesima dengan Tanjung Gelam. Di bawah perairan Tanjung Gelam terdapat terumbu karang dan ikan-ikan laut yang cantik. Ditambah dengan airnya yang jernih, waktu tidak akan terasa saat Anda bertemu dengan biota bawah lautnya. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan peralatan snorkeling atau diving sendiri.

tanjung gelam1sayang rencana untuk menikmati sunset dipantai ini urung terlaksana karena paket trip harus  segera menuju lokasi yang lain. Yang jelas takan ada kata yang cukup untuk melukiskan keindahan di Tanjung Gelam. Semoga suatu hari nanti bisa kembali kesini untuk benar-benar bisa menikmati full sunsetnya yang mempesona.

This entry was posted in BEACH and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Keindahan Tanjung Gelam Karimunjawa

  1. Pingback: Keindahan Tanjung Gelam Karimunjawa | TANAH JAWA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s