WISATA ALAM POSONG

a2Wisata Alam Posong merupakan objek wisata alam yang paling baru di Kabupaten Temanggung yang terletak di Desa Tlahab Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Sekitar 6 KM dari kota Parakan dan 3,5 KM ke atas dari jalan Parakan – Wonosobo. Wisata alam ini mulai dilirik oleh para pecinta alam sejak awal tahun 2010 lalu. Berkat usaha dari organisasi Pecinta Alam Jogokerso dan Dinas Pariwisata Kab. Temanggung. Pesona alam yang ditawarkan di Posong ini sangat indah sekali, dari lokasi ini bisa terlihat enam gunung di sekelilingnya.

a1Kata “Posong” sendiri bearasal dari singkatan dari dua kata yaitu ” pos yang kosong”, mengapa demikian karena menurut sumber yang kami temukan dari http://kabarjinggan.blogspot.com bahwa pada waktu jaman perang melawan penjajahan Belanda, pasukan Diponegoro bersembunyi di daerah Tlahab bagian atas atau lereng gunung yang dinamakan “Pos”. Selang waktu kemudian persembunyian para tentara Diponegoro terendus oleh pihak tentara Belanda. Setelah tentara Belanda mengetahui persembunyian tersebut maka Belanda memutuskan akan menyerang pos persembunyian tentara Diponegoro tersebut. Tetapi salah satu dari tentara Diponegoro mengetahui bahwa Belanda akan menyerang persembunyian mereka, maka tentara Diponegoro segera kabur dari pos persembunyiannya. Setelah tentara Belanda mendatangi pos yang akan diserang tersebut ternyata pos itu sudah kosong tidak ada lagi tentara Diponegoro yang akan diserang karena mereka sudah kabur. Berawal dari cerita sejarah tersebut maka pengelola wisata alam Posong meneamai dengan sebutan “POSONG” (Pos yang Kosong).

wd1Kini wisata alam posong masih terus dikembangkan lagi dengan menambah fasilitas – fasilitas penunjang seperti tempat penginapan, rumah makan dan berbagai wahana outbound yang masih dalam tahap pembangunan.

Rute untuk ke Posong sangatlah mudah. Untuk yang berangkat dari barat (Purwokerto / Wonosobo) kalau dari RM.Joglo (tau doooong rumah makan ini) sekitar 4KM maka akan sampai ke Desa Tlahab, Posong berada di kiri jalan. Sedangkan yang dari timur (Semarang / Magelang) ancer-ancernya adalah setelah melewati tikungan yang ada RM.Sigandul (coffee luwak asli Sigandul) sekitar 500 meter nanti ketemu balai desa Tlahab, nah 100 meter kemudian nanti ada petunjuk arah menuju Posong.

wd2Untuk menuju Posong dari jalan raya sekitar 3,5KM, jalanan berbatu yang ditata rapi memudahkan baik mobil atau sepeda motor ke lokasi. Begitu masuk ke gang, setelah melewati perkampungan sebentar kita akan disuguhi oleh indahnya pemandangan perkebunan tembakau, kopi, dan beberapa tanaman sayuran.

Jalanan naik terus sampai nanti ada  tiga buah gazebo atau gardu pandang. Di Posong ini juga tersedia tempat parkir, mushola, dan WC, serta ada beberapa gubug yang sepertinya untuk berjualan

dscn0065Menikmati pemandangan indah nan eksotis dari gardu pandang atau gazebo,Daerah Temanggung bawah bisa kita lihat dari Posong, berasa di negeri atas awan saat ada kabut tebal dan awan yang menutupi. Ketika cuaca cerah  tidak mendung, biasanya di bulan juli-agustus, maka dari Posong akan terlihat pesona keindahan enam gunung sekaligus yakni Gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, Andong, Telomoyo, Merbabu, sebagian puncak Merapi dan gunung Di Posong bisa melihat 6 gunung sekaligus, karena terletak di lereng Gunung Sindoro. Kami seakan di negeri diatas awan

Foto: Widhi_Cruz, Cristponds

Sumber:

http://allabouttemanggung.wordpress.com/2013/04/14/wisata-alam-posong/

http://olipeoile.wordpress.com/2013/07/14/wisata-alam-posong-temanggung/

http://bikerpoint.wordpress.com/2012/09/06/mengejar-sunrise-di-wisata-posong-kab-temanggung/

http://www.temanggungkab.go.id/detailberita.php?bid=942

This entry was posted in ADVENTURE, HIGHLANDS and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to WISATA ALAM POSONG

  1. Pingback: Menikmati Keanggunan 7 Gunung di Kawasan Posong, Temanggung - Travelmate Kamu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s